5 Jenis Kain Batik Berdasarkan Cara Pembuatanya

Siapa yang tidak pernah memakai batik dalam kegiatan sehari -hari? Yak, kita tahu bahwa batik menjadi salah satu pakaian yang yang wajib dipakai dalam kegiatan sehari-hari kita. Waktu kita bekerja, mengunjungi acara resmi, kesekolah bahkan bisa dipakai dalam keseharian dirumah. Tapi apakah kalian tahu bagaimana proses pembuatan Batik? 

Nah, Kali ini team BatikUnik.com akan membahas tentang jenis-jenis batik berdasarkan cara pembuatannya. Simak ulasan kami berikut ini. 

5 Jenis Batik Menurut Cara Pembuatannya

Kemeja Batik semi Tulis Katun Halus

Kemeja Batik semi Tulis Katun Halus

XL
129.000
SALE -10%
Kemeja Batik Blarak AHY Biru

Kemeja Batik Blarak AHY Biru

M L XL
129.000
116.100
Sarung Batik Cap Batangan Kombinasi Tulis

Sarung Batik Cap Batangan Kombinasi Tulis

Size Yang Tersedia
179.000
Kemeja Batik Cap Warna HIjau

Kemeja Batik Cap Warna HIjau

M L XL
65.000
Setelan Panjang Kaos Batik Pantura Full Tulis

Setelan Panjang Kaos Batik Pantura Full Tulis

M L XL XXL
115.000
Masker Anak Batik 3 layer Bolak Balik

Masker Anak Batik 3 layer Bolak Balik

All Size
10.000
Kemeja Batik Cibulan Kembang Sepatu

Kemeja Batik Cibulan Kembang Sepatu

XL
69.000
SALE -10%
Tunik Batik Blarak AHY 4 Hitam Biru

Tunik Batik Blarak AHY 4 Hitam Biru

M L XL XXL XXXL 4L
139.000
125.100

Batik Tulis

Image

Salah satu jenis batik yang memiliki nilai seni terbaik dan menjadi awal terciptanya Batik adalah jenis Batik Tulis. Istimewanya Batik Tulis adalah pembuatannya 100% menggunakan tangan pengrajin di atas selembar kain dengan alat tulis berupa canting. Bisa menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil kain batik dari teknik Batik Tulis ini. Maka tidak heran harga Batik Tulis ini jauh lebih mahal daripada jenis batik lainnya. Dan batik tulis ini lah yang menjadi primadona dan salah satu warisan budaya indonesia yang wajib kita lestarikan. 

Batik Cap

Image

Berbeda dengan Batik Tulis, Batik cap ditemukan dengan tujuan untuk memudahkan menciptakan batik dengan cepat dan rapi. Sehingga terciptalah jenis teknik batik Cap untuk memenuhi permintaan Batik yang saat ini sedang banyak sekali peminatnya. 

Bagaimana cara kerja Batik Cap itu? Batik Cap menggunakan lempengan besi ataupun tembaga yang telah dilapisi motif yang akan dibuat. Kemudian, lempengan dengan motif batik tersebut dicelupkan ke dalam malam dan di aplikasikan ke dalam kain. Cara ini sampai saat ini masih menjadi salah satu cara cepat pengrajin Batik untuk mendapatkan produk batik yang lebih rapi, efisien dan cepat. 

Batik Cetak Sablon

Jenis Batik Cetak sablon ini tidak terlalu jauh caranya dengan Batik Cap. Caranya sama-sama menggunakan cetakan supaya pengerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan mendapatkan hasil yang banyak dalam waktu yang sedikit. Yang membedakan antara batik cap dan batik cetak sablon adalah pada cetakan yang dipakai. Jika pada batik cap menggunakan lempengan tembaga yang kecil dan harus satu persatu, alat batik cetak sablon lebih besar. Alat batik cetak sablon yang digunakan bernama plangkan dan rakel. Alat ini berukuran besar ini biasanya digunakan untuk sablon kaos. Karena simple dan mudah, teknik ini sangat sering digunakan pada pembuatan  kain batik.

Batik printing

Nah, perbedaan mendasar dari Batik Printing dan Batik sablon adalah yang mengerjakannya. Jika Batik Cetak Sablon adalah manusia, Batik Printing dilakukan oleh mesin printer. Manusia disini bekerja untuk membuat motif dan mengendalikan mesin. Saat ini teknik ini menjadi primadona para pengrajin batik di kota-kota batik seperti jogja, solo, pekalongan, dan lain sebagainya. Karena hanya dalam beberapa menit kain bisa jadi, dan pasti lebih murah maka 90% batik yang anda pakai mungkin adalah batik Printing.

Batik lukis

Sama sesuai namanya, Batik Lukis ini tidak menggunakan malam atau canting, yang digunakan hanyalah selembar kain dan kuas. Walaupun batik lukis ini jarang diperjualbelikan, tapi peminatnya cukup banyak karena bisa dikategorikan karya seni. 

Apakah sudah jelas dengan penjelasan kami? hehe..Jika belum, bisa ditanyakan ke Customer Service  BatikUnik.com ya. Semoga ulasan ini bermanfaat..

 

Komentar Pelanggan

Pagi batik unik...???barang nya udah nyampe cepet nggak sperti hari y d janjikan... pokokny pelayanan nya cpet ..makasih batik unik..:)Leni
Mkasih batikunik.com barang yang saya pesan sudah sampai hari ini. bener2 cepet. barang sesuai dengan selera sayaAyi Suhendar
Download AplikasiAndroid BatikunikGoogle PlayStore »