Jenis dan Motif Batik yang Berkembang di Indonesia 3

Ditulis pada Sabtu, 07 Agustus 2010 | Kategori: Macam dan Motif Batik | Dilihat 1767 kali
Batik Jawa Baru

Di produksi sesudah era batik jawa baru. Dalam batik Jawa baru motif dan warna yang ada pada era batik Jawa baru lebih disederhanakan, tetapi masih berciri khas pagi sore tanpa tumpal. Kebanyakan menggunakan motif rangkaian bunga dan lung-lungan.

Batik Jlamprang

Motif-motif jlamprang atau di Yogyakarta dengan nama nitik adalah salah satu batik yang cukup popular produksinya di daerah Pekalongan. Batik ini merupakan pengembangan dari motif kalin patola dari India yang berbentuk geometris kadang berbentuk bintang atau mata angin dan menggunakan ranting yang ujungnya berbentuk segi empat. Batik jlamprang ini diabadikan menjadi salah satu jalan di Pekalongan.

Batik Terang Bulan

Suatu desain batik di mana ornamennya hanya di bagian bawah saja baik itu berupa lung-lungan atau berupa ornamen pasung atasnya kosong atau berupa titik-titik. Batik terang bulan ini disebut juga gedong atau ram-raman.

Batik Cap Kombinasi

Batik kombinasi tulis sebenarnya batik cap di mana proses kedua atau sebelum disoga direntes atau dirining oleh pembatik tulis sehingga batik kelihatan seperti ditulis. Hal ini dilakukan untuk mempercepat produksi batik dan keseragaman.


sumber : Batik Warisan Budaya Asli Indonesia, Aep S. Hamidin, 2010

Puluhan Model, Warna dan Motif Baru Setiap Hari

Langsung Beli Batik Murah Yuk!

 

Komentar Pelanggan

Saya baru 3x order di batik unik dan puasss bahannya adem harga ramah di kantong cs oke pelayanannya..so far ga kecewa belanja di batik unik..banyakin size besar ya :)Indah
Thx ya...barangnya udah nyampe... kerennnnnn....Nancy
Download AplikasiAndroid BatikunikGoogle PlayStore »