Jenis dan Motif Batik yang Berkembang di Indonesia 2

Ditulis pada Sabtu, 07 Agustus 2010 | Kategori: Macam dan Motif Batik | Dilihat 1816 kali
Batik Rifa'iyah

Batik jenis ini mendapat pengaruh Islam yang kuat. Dalam budaya Islam motif-motif yang berhubungan dengan benda bernyawa tidak boleh digambarkan sama persis sesuai aslinya. Sesuai hal itu corak dalam batik Rifa'iyah terutama yang mengenai motif hewan terlihat kepalanya terpotong. Karena dalam ajaran Islam semua wujud binatang sembelihan yang dihalalkan harus dipotong kepalanya. Biasanya warga keturunan Arab memproduksi batik jenis ini.

Batik Pengaruh Kraton

Pembuat batik di Pekalongan sering membuat batik yang motifnya merupakan ciri khas dari batik Yogyakarta ataupun Surakarta. Motif gaya kraton yang biasanya dipakai yaitu semen, cuwiri, parang, dan lain-lain. Walaupun bermotif pengaruh kraton tetapi teknik pembuatan dan pewarnaannya dengan gaya Pekalongan, sehingga lebih unik dan menarik. Perlu diketahui bahwa gaya Pekalongan adalah gaya pesisiran jadi lebih bebas dan banyak mendapat berbagai pengaruh dari luar.


sumber : Batik Warisan Budaya Asli Indonesia, Aep S. Hamidin, 2010

Puluhan Model, Warna dan Motif Baru Setiap Hari

Langsung Beli Batik Murah Yuk!

 

Komentar Pelanggan

Sudah seriiing banget belanja di batikunik. transaksi terakhirku...order 20 tas batik etnik yg lucu banget. dan alhamdulillah...tas nya bagus.semoga kedepan batikunik makin mempertahankan kualitas dan pelayanan nya yg super ramah n ok itu yaasuka...suka ...sukaaa...tx uMUTIA FILOSOFIA
Terima kasih banyak, barang sudah sy terima dg baik. Puas sekali dengan layanan batikunik.com.Ningrum
Download AplikasiAndroid BatikunikGoogle PlayStore »