Pola Batik Ceplok

Ditulis pada Jumat, 06 Agustus 2010 | Kategori: Pola Batik di Indonesia | Dilihat 5909 kali
Sebagian besar pola batik ceplok merupakan pola-pola hiasan kuno yang terdapat di arca-arca candi Hindu atau Budha dengan bentuk kotak-kotak, lingkaran, binatang, tertutup, dan garis-garis miring. Seperti pada pola batik kawung yang mempunyai pola dasar yang mirip dengan candi Hindu di arca Ganesha dari Banon Borobudur, arca Hari Hara dari Blitar, Ganesha dari Kediri, dan arca Parwati dari Jawa. Begitu juga dengan dasar pola batik ceplok terdapat di arca Budha, antara lain : Budha Mahadewa dari Tumpang dan arca Brkuhti dari candi Jago.



Pola batik kawung memiliki empat ragam hias elips atau lingkaran yang disusun sedemikian rupa sehingga keempatnya saling bersinggungan satu sama lain dan di tengahnya terdapat ragam hias mlinjon. Selanjutya, pada elips atau lingkaran ini dimodifikasi dengan menambah ragam hias isen atau mengubah bentuk sehingga diperoleh pola batik kawung yang indah dan beragam dengan nama beragam pula, antara lain : kawung prabu, brendi, geger mendut, gelar, sisik, dan sebagainya. Dari ukuran lingkaran juga diciptakan berbagai pola seperti kawung ndil, sen, benggol, semar, raja, dan lainnya.

Pola batik kawung, seperti halnya pola batik nitik, pola batik banji, pola batik ganggong, jumlahnya sangat banyak. Alasan itu yang digunakan untuk mengelompokkanya sebagai pola tersendiri. Dengan demikian pembagian golongan dalam pola geometris menjadi golongan ceplokan, golongan pola kawung, pola nitik, pola gonggong, pola banji, pola parang, dan pola lereng.

Kadang ada pola yang dinamakan sama tetapi polanya beda antara satu tempat dan lainnya, seperti pola ceplok Yogya kadang mempunyai nama sama dengan pola semen Surakarta, contohnya pola ceplok kakrasana di Yogya kalau di Surakarta dikenal sebagai pola semen.

sumber : Batik Warisan Budaya Asli Indonesia, Aep S. Hamidin, 2010 dan

Puluhan Model, Warna dan Motif Baru Setiap Hari

Langsung Beli Batik Murah Yuk!

 

Komentar Pelanggan

Sip...bati unik brngx bagus2 aq jd bsa jualn batik jg dh...cm saran nih...cb bsa retur.tuker bAr ang untk program resellerx...biar tambah lancar orderx....biar barng yg d jual bs nuter...mkasi baatik unuk...:)Riza
Trimis mbak! baranga nya sdh sampai...Irwan Azhary
Download AplikasiAndroid BatikunikGoogle PlayStore »